Friday 13 March 2015

apa kalian tahu bahasa Ngapak??

Posted by Nana W at 23:47
Hallooo gaess. Ini bakal jadi kali pertamanya aku apdet soal bahasa ngapak banyumasan!! Yepp!! Aku emang lahir dan besar di purwokerto yang jelas banget ngapaknya. Tapi untungnya bahasa Indonesiaku nggak medok. Jadi aku terselamatkan dari bencana diejek waktu pertama masuk kuliah. *Thanks God!!
Tapi yang perlu diingat adalah meskipun sama-sama bahasa ngapak, bahasa banyumasan jelas berbeda dengan bahasa ngapak dari tegal, cilacap, kebumen maupun daerah lain.
Bahasa ngapak adalah bahasa Jawa yang dengan pelafalan A dan pengucapan huruf K dan G yang jelas. Lain dengan bahasa Jawa ala Semarang, Solo Jogja dan lain-lainnya.
Menurut sebuah artikel yang aku baca di internet, bahasa ngapak adalah bahasa Jawa yang pada masa kerajaan Mataram memilih tetap bertahan dengan vokal A dan pengucapan K G yang jelas. Sementara daerah-daerah lain mengikuti aturan kerajaan merubah pengucapan huruf A menjadi huruf O, agar pengucapan terasa lebih halus. Awalnya aturan ini hanya diperuntukkan khusus di keraton. Tapi kemudian menyebar ke banyak daerah di sekitaran kerajaan Mataram.
Contoh nyatanya, kata Jawa dalam bahasa ngapak tetap diucap Jawa. Sementara non ngapak mengucapkannya Jowo.
Kalo kata dosenku saat kuliah sih, ngapak itu sejenis dialek bukan bahasa khusus. Soalnya kan pada dasarnya secara struktur dan kosakata masih bagian dari bahasa Jawa.
Gitu aja sih gaess. Just for sharing kok yaa!! Hehe

13 Maret 2015, 23:28

0 comments:

Post a Comment

 

Tumpah Ruah Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting