Wednesday 12 August 2015

Turki, suatu hari nanti. Insya allah

Posted by Nana W at 09:01
Turki..
Turki adalah satu-satunya negara di dunia yang berada di atas dua lempeng benua. Yaitu lempeng Asia dan lempeng Eropa. Umumnya warga turki bertempat tinggal di Turki bagian Asia, dan mereka bekerja di Turki bagian Eropa dengan menyebrangi selat Bosporus.
Aku mulai tertarik dengan Turki sejak memfollow salah satu akun instagram orang Turki yang selalu mengaplot foto-foto seputar Turki. Mulai dari pemandangan alam saat musim semi hingga musim dingin, pemandangan kota yang megah dengan Masjid Suleymanie'nya, Hagia Sophia, dll hingga sunset dan bulan purnama di sana. Rasa penasaranku bertambah setelah ngebaca 99 cahaya di langit Eropa karya Hanum Salsabiela Rais. Di buku itu banyak ngejelasin tentang sisa-sisa sejarah perkembangan dunia Islam di Eropa saat dunia dikuasai oleh kekaisaran Ottoman.
Ketertarikan ke Turki'ku bertambah setelah mengikuti drama Turki yang berjudul Muhtesem Yuzyil atau The Magnificent Century atau di Indonesia tayang dengan nama Abad Kejayaan. Ceritanya menarik, pemainnya cantik ganteng dan bener-bener total dalam beracting [iyalaaaah nan! Secaraaaaa castingnya aja ketat banget]. Drama ini bercerita tentang kisah cinta antara Raja Suleyman Kan penguasa Ottoman dengan budak dari Rusia yang kemudian ia nikahi dan diberi nama Putri Hurrem. Yaa namanya juga drama, jadi gg bnyak kisah sejarah yang bisa diambil. Karena drama ini hanya bertujuan untuk menghibur, dengan menyajikan kisah cinta yang penuh intrik. Drama ini sukses tayang sampai di 59 negara termasuk Indonesia. Emang siih dikenal kontroversi. Karena kebanyakan orang menilai dan membandingkannya dengan kehidupan jaman sekarang. Jelas laaaaahh berbedaa. Makanya a**v berinisiatif ngasih penjelasan di akhir tayangan dg pembicara orang-orang yang ahli di bidangnya dari PBNU.
Turkey is One of my biggest dream! Yaaa, bukan nana namanya kalo nggak punya kepengenan. Aku pengen liat Istanbul. Kota yang terkenal dengan julukan "Kota dengan seribu masjid". Yaaa di drama Abad Kejayaan ngasih liat kalo raja Suleyman dan Putri Hurrem emang seneng banget ngebangun masjid dan juga bangunan-bangunan yang ditujukan untuk kepentingan umum, terlebih kaum miskin, anak yatim dan duafa. Duuhh pengeeen kesanaaa! Hahaa Istanbul emang bukan ibukota Turki, tapi Istanbul adalah kota terbesar di Turki.  Pokoknya ada banyak hal yang pengen aku liat di sana. Termasuk sisa-sisa bukti kepemimpinan Sultan Suleyman yang agung. One day, insya allah! doakan!



0 comments:

Post a Comment

 

Tumpah Ruah Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting