Friday 21 August 2015

serba serbi Belanja online

Posted by Nana W at 02:23
Perkembangan dunia maya emang begitu pesat. Sampai-sampai hampir semua orang punya akun media sosial. Nggak terkecuali dunia perdagangan. Yepp!! Online shop bercecer kayak jamur di musim hujan. Mulai dari barang pritilan yang nggak penting berharga ribuan bahkan sampe ratusan juta kayak rumah, mobil bisa didapet via olshop.
Menjamurnya olshop justru makin kesini makin dimanfaatin orang-orang nggak bertanggung jawab buat ngedapetin untung dengan menipu. Yepp!! Bener banget! Udah bukan rahasia lagi, kalo nggak sedikit akun bodong yang sok'sokan jual barang tapi pas udah ditransfer malah barang nggak dikirim. Bahkan, sampe akun penjualan terbesar level nasional sekelas l*z*d* aja bisa kebobolan agen tak bertanggung jawab. Udah pada tauu kan, kasus-kasus macem beli aipon siks datengnya mangga dua biji?! Ada juga yang dateng malah sabun batangan?!
Emaaang, kalo mau belanja di olshop tuh kudu atii-ati. Cari yang sekiranya trusted. misal kamu tau akun itu via instagram, Cek dari komen di foto-fotonya, ada foto testimoninya apa nggak, sama harga. Penting tuuh buat yau harga. Bandingin harganya dengan olshop lain. Inget! Jangan ketipu harga murah. Kita justru wajib waspada kalo harganya kelewat murah dari pasaran.
Terus, coba cek juga respon pas di kontek via wa/bbm/line/sms. Respon'a over alias lebay apa nggak. Kalo aku sih paling males sama olshop yang kalo ditanya-tanya kek seolah nggak butuh. Males ajaa. Kita kan sama-sama butuh yaaa, jadi kudu sama-sama sopan. Sama-sama ngerespon dengan baik. Kalo jutek?! Wassalam! Babaayyy! Alias aku blacklist! Dia butuh duit, kita butuh barang. Jadi gausah deeh sok-sokan jadi yang paling penting. Buat yang customer juga kudu sopan. Jangan mentang-mentang ada duit jadi seenaknya sendiri. Inget! Kita sama-sama butuh satu sama lain.
Tapi emang siih, paling aman itu beli langsung. Udah pasti bakal lebih sesuai dan cucok. Kalo aku sih biasanya nyari dulu, kalo nggak nemu baru nyari di olshop. Takut ajaa kalo nantinya nggak cocok. Hehe pengalaman soalnya. Beli baju di gambar bagus pas udah ditangan ternyata bahan nggak sesuai. Kan bete. Pokoknya, kalo mau belanja di olshop itu kudu teliti, kudu siap (barangkali) kecewa, dan terpenting nyari yang trust. Kalo barang-barang yang sekiranya ada di mall atau pasaran, mending beli sendiri langsung gausah di olshop. Kalo gg nemu, barulah cari di olshop.
Emang sih, dengan belanja di olshop semuanya terasa lebih praktis. Tinggal duduk manis, barang nyampe sendiri. Nggak perlu repot jauh-jauh ke mall, kepanasan waktu di jalan, kaki pegel muter-muter nyari barang, boros jajan karena laper stelah muter-muter juga. Tapi ya itu, selain resiko kena tipu yang gede, barang yang nggak sesuai nggak bisa dituker apalagi dibalikin. Jadi kudu terima apapun dan gimanapun barang yang sampai. Dan terpenting, olshop nggak cocok buat kalian yang punya sifat nggak sabaran. Karena apa? Karena kita kudu nunggu barang dikirim buat sampe ke tangan. Nggak kayak di mall yang tinggal pilih, coba, bayar. Udaaaah deeh tu barang jadi milik kita. Kalo di olshop, kita cuma liat foto, order, transfer, tungguu deeeh Barang dikirim. Setelah barang dikirim, kita kudu nunggu sampe paketan dateng. Baruu deeeh jadi milik stelah barang nyampe ke tangan.
Sekian laaah share kali ini. semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

 

Tumpah Ruah Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting