Wednesday 12 August 2015

arsitek muslim terbaik, Mimar Sinan

Posted by Nana W at 15:06
Pada masa pemerintahan Sultan Suleyman Kan, ada seorang arsitek yang paling berbakat yaitu Mimar Sinan. Bakat arsitekturnya terus terasah dengan baik karena pemerintah memberinya kesempatan untuk membangun proyek-proyek masjid. Dari salah satu web hasil gugling menyebutkan kalo Mimar Sinan berhasil ngebangun 90masjid besar, 50masjid kecil, beberapa perguruan tinggi, dan juga beberapa jembatan. Masjid-masjid besar itu antara lain masjid pangeran Mehmed sekaligus monumen peringatan meninggalnya pngeran Mehmed, masjid pangeran cihangir sekaligus monumen peringatan meninggalnya pangeran Cihangir, masjid Suleymanie yang kemudian menjadi tempat dimakamkannya Putri Hurrem dan Sultan Suleyman, masjid putri Hurrem, dan masjid Selim II yang merupakan raja ke 11 Ottoman, anak Suleyman Kan dan Putri Hurrem. Masjid Raja Selim II atau Selimiye Mosque disebut sebagai masterpiece Mimar Sinan yang berada di Edirne. Masjid itu bahkan menjadi landmark kota Edirne. Masjid itu sekaligus menjadi jawaban dari cita-cita terbesar Mimar Sinan, yaitu mengalahkan kemegahan Hagia Sophia. Masjid yang dibangun pada masa-masa dulu tidak hanya menjadi sebuah tempat ibadah. Tapi juga berisi rumah sakit, dapur umum, madrasah alQuran, madrasah hadits, pemandian umum dll. Kereeeeeennn!!
Masjid suleymanie

Masjid haseki sultan atau masjid putri hurrem

Masjid sehzade mehmed atau masjid pangeran mehmed 

Masjid sehzade cihangir atau masjid pangeran cihangir

Masjid selimiye 

Mirip-mirip yaa?? Bikin bingung hahaaa
Semua masjidnya berkubah, karena terinspirasi dari bangunan hagia sophia. hagia sopia adalah gereja yang kemudian dijadikan masjid. Tapi sekarang berubah fungsi menjadi museum. Menara masjid karya mimar sinan yang tertinggi adalah menara masjid selimiye yaitu setinggi 50m. Kalo di jaman sekarang bikin bangunan setinggi itu sih gampang. Tapi jaman dulu?? Mejikk yaaah?! Proud of him!
bangga sama keluarga kerajaan jaman dulu, khususnya keluarg Ottoman. Banyak ngebangun masjid, selain buat bekal pahala yang tanpa putus juga buat ngebantu masyarakat miskin sekitar. 
Oh iyaa mimar sinan tercatat sebagai salah satu arsitek muslim pling berbakat sepanjang sejarah. Setelah ngeliat hasil karyanya yang super super emejing, nggak kebayang kayak gimana proses bikinnya, apa aja isi otaknya. Emezz!!

3 comments:

Unknown on 11 December 2016 at 12:51 said...

boleh tau nggak sumbernya/ referensinya dari mana ya?

Unknown on 11 December 2016 at 12:53 said...

kalau boleh tau sumbernya / referensinya dari mana ya ? terimakasih

Nana W on 31 December 2016 at 21:20 said...

Haii kak Fatimatuz zahro, terimakasih udah singgah.
Saya referensi awal dari nonton serial Turki, terus karna penasaran jadi tambah baca-baca di internet. ^^

Post a Comment

 

Tumpah Ruah Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting