Friday 21 August 2015

Berkat perkembangan dunia sosmed

Posted by Nana W at 03:13

Sepertinya kita telah hidup dii jaman dimana seolah dunia emang benar-benar tanpa batas. Kita bisa tau segalanya. Dan juga apapun tentang siapapun sepanjang yang bersangkutan menghendaki. Yepp! Yang dimaksud menghendaki di sini adalah sepanjang ia mengumbar kehidupan pribadinya di akun sosial medianya. seperti yang kita tau, bahwa akhir-akhir ini  begitu banyak orang menggunakan sosmed untuk berbagi informasi. Tak jarang  juga orang-orang menuliskan status yang berisi keluhan, sindiran untuk seseorang baik secara terbuka maupun terselubung, mengumpat, menyumpahi dan mengungkapkan kebencian. Tapi banyak juga yang menggunakan sosial media untuk membantu sesama, berbagi inspirasi, menyalurkan bakat dan hobi, dan lain sebagainya.
Penilaian bermanfaat atau enggaknya sosial media sebenarnya hanyalah soal persepsi. persepsi ini sebenernya lahir dari cara dia berpikir, yang biasanya keluar atas dasar cerminan perilakunya sendiri. Misal, seseorang menilai bahwa sosial media hanyalah ajang untuk pamer dan berkeluh kesah. Barangkali yang berpikir demikian adalah seseorang yang secara tidak sadar sedang menggambarkan perilakunya sendiri. Ia menggunakan akun sosial medianya hanya untuk memamerkan apa yang ia lakukan, apa yang ia punya, bagaimana suasana hatinya, dan lain sebagainya.
Lebih dari sekedar itu, sedikit banyak aku justru ingin berterima kasih pada sosial media. Karena melalui sosial media aku mendapat banyak informasi, aku terhubung dan semakin mudah berkomunikasi dengan teman dan keluarga yang berada jauh dariku, dan tak hanya untuk hiburan, sosmed juga membuatku seringkali terinspirasi. sosmed juga bikin aku ngerti bahwa begitu banyak hal yang gg aku tau. Saat tau sesuatu, aku jadi makin penasaran dan terus ngegali hal-hal yang nggak aku tau. Begitu banyak fungsi sosmed bukaan, tanpa kita sadari. Kita hanya butuh untuk mengeksplorenya.
Aku pernah terharu karena membaca berita yang berkaitan dngan sosmed. Beberapa diantaranya, status twitter yang berhasil menyelamatkan nyawa seseorang. Jadi saat itu, ada seorang pasien di sebuah rumahsakit yang lagi ngebutuhin donor darah segera. Tapi stok golongan darah yang sesuai lagi kosong. Berkat sebuah status twitter tersebut, si pasien bisa mendapatkan donor darah dengan segera. bahkan stok darah golongan tersebut di rumah sakit sampai melimpah. Subhanallah banget kaaan?!
Dari situ aku mulai sadar. Sebenernya kita hanya butuh untuk membuka mata dengan lebih lebar. Agar kita bisa memandang sesuatu tidak hanya dengan kacamata sendiri, tapi dari berbagai arah lain. Agar pengetahuan dan pemahaman kita tidak sebatas yang kita ingini saja. Karena dunia itu luas. Karena ada begitu banyak pemahaman yang harus kita tahu. bukan hanya sekedar pemahaman dasar dari sudut pandang kita sendiri.
Cukup sekian ahh gaess. Tulisan ini terasa rumpang di bagian sana sini. Mungkin aku lelah dan butuh ridur. Ini udah jam tiga dinihari. Good night, and have a nice dream. :)

0 comments:

Post a Comment

 

Tumpah Ruah Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting