Saturday 15 August 2015

Anak dengan satu bola mata

Posted by Nana W at 19:07

Sabtu sore, aku nongrongin tipi. Ada acaranya ante dewi sandra. Ini kali pertamanya aku nonton acara ini. Sediiih bangeet.
Jadi, ada anak cowok namanya Azmi. Waktu itu saat kejadian umurnya masih 4tahun. Di suatu sore, setelah membaca buku cerita bersama ayahnya, ia pamit keluar rumah buat main sama temen-temennya. Belum ada lima menit pergi,  dia menangis. Matanya terkena anak panah yang dimainin anak tetangga kelas 4SD. Awalnya semua keliatan normal. Besoknya, setelah tidur siang Azmi bangun dalam keadaan bola mata berwarna putih. Ibunya buru-buru ngebawa Azmi ke rumah sakit. Rumah sakit pertama menolak karena peralatn tidak memadai. Akhirnya Azmi dibawa ke RSCM. Ternyata kata dokter korneanya udah pecah. Kudu operasi buat dibersihin. Abis dibersihin, kudu operasi katarak.  Setelah operasi katarak, semuany masih berlanjut. katanya matanya udah 0. Udah infeksi dan gak bisa diselametin lagi. Kalo nggak diangkat, nanti bisa nginfeksi mata satunya lagii. Akhirnya mata'nya diangkat. Ini proses yang katanya paling berat. Penuh kesakitan karena kudu nanem jaringan baru di mata, yang diambil dari jaringan di pantat. Nggak cuma sakit, katanya juga kedua mata bahkan semuka-muka bengkak.
Akhirnya mata kiri Azmi dipakein mata palsu berbahan porselain atau apa gitu. Pokoknya tuh berat. Sampe-sampe kalo bersin, batuk dan kelamaan berdiri bisa lepas. Akhirnya ibu Azmi ngajuin rekonstruksi mata ke RSCM dg bpjs tapi ditolak. Setelah itu salah seorang kerabat nulisin surat terbuka buat pa ahok. Syukurlah surat terbukanya direspon baik sama pa ahok
yang bikin aku terharu dan nyentuh banget itu kesabaran dan keikhlasannya Azmi dan keluarha ngadepin semua itu. Ikhlas merelakan matanya buat diangkat. Sabar ngadepin hal yang jauh dari kata sepele. Apalagi si anak tetangga sama sekali nggak bertanggung jawab. Bayangin aja, kehilangan mata! Aku kecipratan kuah sambel aja udah nangis-nangis lhooo. Proud of you, Azmi! Semoga keikhlasan dan kesabaran kamu ngadepin semuanya berbuah keberkahan sepanjang hidupmu.
Inget yaa gaess. Hargaii dan jaga mata'mu. Jangan sampe hal yang buruk terjadi baru kita nyadar kalo nikmat Tuhan yang satu ini nggak ternilai harganya.
Para orang tua juga harusnya lebih aware sama mainan anaknyaa. Jangan asal ngebiarin anaknya mainin benda macem-macem. Kalopun nggak ngebahayain anaknyaa, udah pasti bisa ngebahayain anak lain.

0 comments:

Post a Comment

 

Tumpah Ruah Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting