Monday 17 August 2015

Sepenggal kisah anak korban broken home

Posted by Nana W at 01:18
Membina keluarga yang sakinah, mawaddah warohmah udah tentu jadi dambaan setiap orang. Tapi pada kenyataannya, ada keadaan dimana seseorang memang diharuskam mengakhiri rumah tangganya. Perceraian.
Buat ku, Perceraian adalah Satu kata yang amat menakutkan.
Aku adalah salah satu dari sekian banyak anak yang harus merasakan getirnya keluarga yang berantakan. Sebagai anak dari keluarga utuh, tentu kalian tidak akan pernah bisa memahami bagaimana rasanya. Aku tak pernah mengeluh terlahir dalam keluarga broken home. Karena aku tahu, ibuku pun bahkan tak pernah menginginkannya.
Aku justru bangga pada ibuku. Ia adalah seorang wanita yang tangguh. ia bisa memerankan perannya dngan begitu baik sebagai orang tua tunggal. Meski aku dan ibuku amat jarang menghabiskan waktu bersama, tapi Aku tahu ia amat menyayangiku. hanya saja keadaan memang mengharuskan aku dan ibu tak memiliki banyak waktu untuk bersama.
sejak aku baru lahir Ibuku harus bekerja keras untuk menghidupiku. Aku terpaksa tinggal bersama mbah, dan ibu ke jakarta untuk bekerja. agar bisa membeli susu untukku, agar aku tumbuh dengan baik. Juga untuk mbahku. Kadang suka sedih kalo inget masa-masa dulu. Jaraaang banget ketemu ibu. Sekalinya ketemu nggak nyampe seminggu ibu udah ke jakrta lagi. Malam-malam seminggu pertama terasa amat menyedihkan buat aku. Kangen dipeluk ibu, dikelonin ibu.
Ketakutan terbesarku terlahir di tengah keluarga yang broken muncul saat aku mulai dewasa. Seseorang bercerita bahwa keluarganya tak merestui hubungan sang kakak dan pacarnya karena orang tua sang pacar bercerai. Duh gusti! Ini hal yang bikin aku tersadar, bahwa sepertinya aku hidup di tengah masyarakat yang tak bisa menerima perceraian. Andai mereka tahu, tak ada seorangpun yang ingin rumah tangganya berakhir perceraian. Tidak ada! Apalagi sang anak. Seorang anak tak pernah bisa, bahkan Tak pernah ada kesempatan sekalipun, untuk Bisa memilih di keluarga seperti apa ia akan dilahirkan. andai mereka mau memahami.
Aku pikir aku akan bisa hidup normal seperti anak-anak normal pada umumnya, yang memiliki orang tua lengkap, di tengah keluarga harmonis. Ternyata aku salah. Aku terlahir tak seberuntung itu. Meski (mungkin) harapan selalu ada. Tapi bagaimana kalo aku bahkan telah begitu lelah untuk sekedar berharap?!
Ada secuil rasa iri di tengah kesenangan menikmati cerita temen-temen tentang ayahnya yang begitu baik perhatian an protektif, ibunya yang selalu sabar dan penuh cinta buat ngadepin kenakalanny dia, ngedengerin setiap curhatannya, kekompakan dan keributan dg kakak ataupun adeknya. Aku iri. Tapi aku seneng. ada begitu banyak Hal-hal menyenangkan yang bisa aku nikmati di luar kenyataan hidupku. Meski hanya sepenggal cerita, tapi aku selalu menikmatinya.
Semoga ini menjadi yang terakhir dan satu-satunya tulisanku yang berisi keluh kesah. Karena aku tahu, mengeluh hanya akan menambah beban hidupku. Semangat, nan! Kamu kuat! Jauh lebih kuat dari siapapun! :)

31 comments:

Unknown on 2 January 2016 at 22:08 said...

suka bahasa pada tulisan ini :)
salam kenal ya.

Unknown on 2 January 2016 at 22:08 said...

suka bahasa pada tulisan ini :)
salam kenal ya.

Nana W on 11 January 2016 at 23:29 said...

Terimakasih, udah mampir kak. :)
Salam kenal

Unknown on 13 January 2016 at 19:52 said...

nasib kita sama

Nana W on 23 January 2016 at 23:32 said...

Kita anak perempuan yang luar biasa kak. Kuat. Jauh lebih kuat dari perempuan manapun. :)

Unknown on 18 March 2016 at 18:52 said...

Hampir sama,tapi kamu lebih beruntung

Unknown on 18 March 2016 at 18:52 said...
This comment has been removed by the author.
Nana W on 19 March 2016 at 18:59 said...

makasih udah baca kak.. :)
Lebih beruntung atau enggak, itu hanyalah persepsi kak. Apapun yang terjadi dalam hidup kita, Tuhan pasti punya kejutan dibalik tangis dan duka kita. :)

Putri said...

Salam kenal Nan, mungkin suatu hari nanti kita bisa berjumpa dan saling berbagi kisah :)

Salam,

Putri

Nana W on 22 April 2016 at 16:49 said...

Haayy kak putri. Salam kenal juga yaaa.Makasiih udah berkunjung di catatan kecik ini.
Aamiin.. semoga kak

Nana W on 22 April 2016 at 16:50 said...

Haayy kak putri. Salam kenal juga yaaa.Makasiih udah berkunjung di catatan kecik ini.
Aamiin.. semoga kak

Unknown on 27 April 2016 at 00:50 said...

Semoga kita kuat ya ngejalanin hidup keadaan yg kaya gini. Salam kenal ya.

Unknown on 27 April 2016 at 00:51 said...

Semoga kita kuat ya ngejalanin hidup keadaan yg kaya gini. Salam kenal ya.

Nana W on 28 April 2016 at 21:50 said...

Aamiin.. kita pasti kuat kak. Harus kuat!
Salam kenal juga, makasih udah singgah di catatan kecil ini ^^

Annisa Sitha Ferdiana on 28 June 2016 at 11:06 said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

aku mengalami juga hal seperti ini.nanti kalau punya anak jangan sampai sperti aku nasibnya.

Nana W on 16 September 2016 at 22:14 said...

Hay kak adriyan, makasih udah mampir. ^^

sama halnya, akupun juga kadang begitu. Iri sifat yang manusiawi, kak. Tapi baiknya jangan terus dibiarkan berlanjut. Jadikan pengalaman kita ini sbg pembelajaran, agar terus jadi lebih baik. Setidaknya, agar anak kita kelak ngga ngerasain apa yg kita rasain.

Unknown on 17 October 2016 at 17:48 said...

yang sabar ya kadang keingan tak pernah sesuai dengan kenyataan,begitu juga dengan kehidupanku :)

Unknown on 17 October 2016 at 17:50 said...

yang sabar ya kadang keingan tak pernah sesuai dengan kenyataan,begitu juga dengan kehidupanku :)

anong on 17 November 2016 at 15:56 said...

hi jangan lupa berterimakasih kepada Alloh SWT .. dan tetap semangat ..

Unknown on 4 December 2016 at 19:10 said...

hai kak jujur ku cuma iseng browsing tenta blog anak broken yang sama kaya aku..
ternyata sama ya yang aku rasain .. tapi setelah baca jadi satuhal yang aku sadar,semangat lagi ..
makasih tulisannya kak :)

Nana W on 31 December 2016 at 21:23 said...

Hehe iyaaa kak selvilinda. Hal-hal yang menyakitkan justru justru ngebangun kita jadi lebih kuat.
Terimakasih karna suda singgah dan ngasih semangat.

Nana W on 31 December 2016 at 21:24 said...

Iyaaa kak Eva. Insyaallah selau bersyukur atasapapun yang terjadi. Tetap semangat jugaaa buat kak Eva.
Makasih udah berkenan singgah dan juga buat semangatnya ^^

Nana W on 31 December 2016 at 21:28 said...

haaii jugaa kak Nabella. Alhamdulillah kalo tulisan ini bisa turut jadi penyemangat kakak. Tuhan pasti punya rencana dibalik segala duka yanh kita alami.
Terimakasih sudah mampir yaa kak ^^

Unknown on 25 February 2017 at 20:57 said...

ternyata bukan cuma aku yg memiliki kisah sprti ini, trnyata bnyak teman yg tegar & tangguh akn menjani hidupnya yg entah bagaimana keadannya sma sprti ku. sedari kecil yg gk prnah dpt ksih sayang atau bimbingan org tua & smpai sekarang alhamdulillah ampu mampu menjalaninya dgn senyuman & semangat..
jgn Putus aja gan... KEEP SPIRIT...

Nana W on 22 March 2017 at 22:57 said...

Pengalaman buruk insyaallah menjadikan kita pribadi yang lebih sabar dan tangguh dari oranglain.
Iyaa gaan, tetap semangat n slalu berbaik sangka pada Tuhan.
Terimakasih kunjungannyaaa ^^

Unknown on 26 March 2017 at 01:32 said...

Sama juga kak
Aku juga mengalami hal seperti itu
Hanya kesedihan yg dpt merakan klau melihat orng brkumpul keluarga

Unknown on 13 June 2017 at 00:22 said...

Hai salam kenal...kita senasip andai aku bs memilih dr keluarga mana aku dilahirkan...ah tuhan beri aku kekuatan disetiap jalan hdp ku

NN on 17 August 2017 at 21:00 said...

Pemilihan kata yang bagus. salam kenal.

NN on 17 August 2017 at 21:02 said...

MERDEKA!!!

Unknown on 13 April 2019 at 21:47 said...

hai kita senasib :) ,dibalik itu semua ada banyak sekali pembelajaran yg dapat diambil agar nanti keluarga kecilku tak mengalami hal seperti yg kurasakan.

Post a Comment

 

Tumpah Ruah Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting