Saturday 29 September 2018

Belajar Lewat Instagram

Posted by Nana W at 20:10
Satu menit. Dua menit. Ehh tau-tau udah 20menit aja buka instagram. Udah berapa banyak foto yang kamu liat di instagram hari ini? Foto apa aja? Ada berapa banyak yang kamu  like dan  komen? berapa banyak cerita yang kamu baca? Hal apa yang kamu pelajari dari setiap caption yang kamu baca? 
Mungkin dari beberapa pertanyaan kayak gini kita bakal tau seberapa kualitas akun  yang kita follow. 
Cerita ini berawal dari igs (Instagram stories) kokoh @amrazing soal ''gosip nggak sip'' yang isinya kebanyakan dipenuhi hujatan Maha Benar Netijen dengan segala bacotannya. kemudian cerita berlanjut ke gimana ngefilter akun yang kita follow biar hidup kita diliputi positive vibe. Dari situlah aku mulai selektif memilih akun yang kufollow. Selanjutnya?  Eksyen pertamaku adalah nge unfoll akun hosip dan ngehide akun yang tiap aplot foto kebanyakan ngeluh dan komentar negatif. Alhamdulillah berasa banget efeknya selama 6bulan ini. Mata jadi nggak perlu ternodai dengan tulisan-tulisan nyinyirdan hujatan. Hati dan pikiran juga terhindar dari prasangka buruk yang kemudian jadi mudah menghakimi orang lain. juga nggak perlu tau aib-aib orang lain yang cuma nambah dosa. NTAAAPP
Terus sekarang ngefollow siapa? Kalo aku sih selain follow temen dan keluarga, yaa kebanyakan akun dan hashtag fotografi. Beberapa lainnya Influencer yang ngga sekedar ngasih hiburan tapi juga ngasih edukasi lewat foto yang sedap dipandang dan story telling yang menarik. Yang terbaik tetep @amrazing 💕 banyak banget hal yang aku pelajarin dari kokoh ketje ini. Dari soal fotografi, self love, empati sampe yang terhangat dan terfavorit: MANNERS. Apaan sih manners? Yaa secara sederhana bisa disebut unggah-ungguh atau tata krama kita ke orang lain. Kayak misalnya bilang tolong, permisi, maaf dan terimakasih. Dari sinilah aku sering banget pamerin akun kokoh Lexy ke orang-orang sekitarku. Soalnyaa yaaa emang banyak banget ilmu yang bisa diambil dari situ. Ilmu yang bisa didapet cuma dengan modal ngeklik ''follow''. Ilmu yang nggak kita dapetin secara langsung di sekolah dan lingkungan kita sehari-hari. Ada akun lainnya? Ada.ada @Jonathaned yang tenar dengan sebutan ''kucing 45juta'' dan juragan gopay. Abang keyen yang ini juga sering bagi-bagi tips fotografi lhoo. Akun lainnya? Masih temen-temennya koh amrazing siih. Kayak @Ruthdian  @jennyjusuf  @inezkristanti dll. Ooh ada lagi akun yang fotonya kece dan ceritanya menarik kaya @windy_ariestanty @jeprutid @iwashere_id dll. Akun-akun tadi banyak aplot foto traveling dengan kepsyen yang sering bikin kita hanyut terbawa suasana. Masih banyak sih sebenernya akun-akun lain. Bisa cek langsung deh di tab following ig ku.
Selain akun-akun tadi, aku juga follow juga akun yang sesuai sama bidangku, bahasa Jepang. aku follow @miathejapanesetutor @valiantjapanese dll Kedua akun ini sering aplot foto yang isinya kosakata dalam bahasa Jepang dengan Translate bahasa Inggris. Nggak cuma kosakata aja tapi ada juga foto-foto yang Jepang banget dan pola kalimat bahasa Jepang juga. 
Ooiyaaaa Hampir ketinggalan. Akhir-akhir ini aku lagi sering scrolling cerita agen Fbi'nya @unihesty 🙈selain story tellingnya yang menarik, uniHesty  juga tiap hari slalu ngeshare foto yang tsakep di igs'nya. Foto-fotoseputar lingkungannya di Melbourne. foto yang sederhana. Sangat sederhana sih kalo menurutku tapi aselii nyenengin buat dipandan. 
Masih ada banyak lagi sih akun yang nggak cuma asik tapi juga mendidik di tab followingku. Cumaaa yaaa nggak bakal kelar kalo disebutin satu-satu wkwkk 
Oiyaaa (lagi)!! Dari semua akun Influencer yang aku follow nggak ada lhooo  yang  masang iklan pembesar bla bla, obat peninggi obat diet apalagi yang pemutih dll. Karna apa? Karena mereka manusia-manusia yang nggak maruk materi sampe harus ngorbanin kesehatan dan keselamatan jiwa manusia lain. Masa sih? Contoh yang nyatanya ada soal korban iklan obat ajaib? ADA! Balik lagi ke akun @amrazing udah pernah dibahas soal selebgram maruk (bisa cek di highlight) dan gimana cerita para korbannya. Dari yang soal behel murah pasang sendiri yang bikin pendarahan terus korbannya meninggal, obat peninggi badan yang kemudian malah bikin gagal ginjal, sampe obat jerawat dan keputihan yang akhirnya malah berujung ''merusak''. Ngeriii kan?! Cuma karna tergiur harga murah dan instan sampe harus ngorbanin kesehatan dan keselamatan diri sendiri.  yang ngiklanin sih enak dapet bayaran mahal cuma dengan cekrek lalu aplot foto atau video kasih kepsyen dikit, kerjaan kelaar. Laaaah follower yang udah kadung tergoda  obat ajaib? Yaa wassalam.  
Dari situlah aku mulai nyadar pentingnya ngefilter siapa orang yang patut difollow So, pinter-pinternya kita aja lah make sosial media. karena? Buatku Sosial media itu bisa jadi perpustakaan yang asik dan mendidik, tapi juga bisa jadi tempat yang menjerumuskan kita ke berbagai lubang kesesatan. Yang bikin ngerinya adalah kita dibikin tersesat secara pola pikir dan perilaku tanpa kita sadari. 
Yuuuk ahh sama-sama belajar jadi lebih baik. Kalo bukan dari diri sendiri, siapa lagi?! Kalo bukan dari sekarang, kapan lagi?!
























0 comments:

Post a Comment

 

Tumpah Ruah Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting