Sunday 9 September 2018

Bencana Alam di Jepang selama musim panas 2018

Posted by Nana W at 16:53
Gifu 08 September 2018 

Akhir-akhir ini suhu udara di Jepang udah mulai sejuk. Kayaknya musim gugur udah mulai mendekat dan siap-siap say goodbye sama summer. Musim panas kali ini beda banget sih menurutku  sama musim panas taun lalu. Jauh lebih panas dan juga banyak bencana alam di Jepang. Mulai dari banjir,  Overheat yang sampe memakan korban meninggal, badai terkuat sepanjang 25tahun terakhir dan gempa bumi yang nggak kedeteksi di Hokkaido.
Banjir bandang yang terjadi di akhir Juni hingga pertengahan Juli memakan korban hingga 222orang yang dikonfirmasi di 13 prefektur. menurur berita yang aku baca, banjir ini disebut sebagai banjir air tawar yang paling mematikan di Jepang sejak bencana banjir 1982 di Nagasaki. 
Overheat atau gelombang panas memakan korban meninggal  hingga 77 orang. Aku ngerasain banget sih gimana panasnya musim panas tahun ini. Yang membedakan panasnya di sini sama di Indonesia tuh karna di sini udaranya lembab. Jadi bikin orang gampang tumbang. Suhu tertinggi yang aku liat di thermometer kantor sih sampe 43derajat. Rasanya gimana? Rasanya kayak keluar jam 11 siang pake jaket tebel yang baru selese di setrika. Yaudaaah banjiir semuaaaa. Basaaah bajuu. Solusinya gimana? Harus perbanyak minum. Pokoknya badan nggak boleh sampe dehidrasi. Kebutuhan akan garam juga harus diperhatiin, sama makan yang manis-manis. Makanya biasanya kalo musim panas di kantor suka dapet eskrim jam setengah 3. Mayaan dapet j istirahat tambahan 5menit. 

Soal badai  4 Agustus lalu aku bener-bener baru tau dampaknya sekitar 2hari lalu. Itu pun tanpa sengaja karna liat retweet'an orang. Jadi ceritanya hari itu kan aku full time kerjanya sampe jam 5. Jadi ngga terlalu notice ke badai. Cuma yaa sebatas tau ujan dan angin yang lebih kenceng dari biasanya. Soalnya kan di dalem ruangan, jadi cuma denger suara gaduhnya. Dari twitter juga aku baru tau kalo ternyata Typhoon Jebi ini adalahbadai  yang terhebat di Jepang selama 25tahun terakhir. Aseliii pas liat gambar sama videonya aku bergidik sendiri. Serem bangeeetttt *kray* Alhamdulillah semua tetep dalam lindungan Allah. Dari video-video yang aku tonton barulah aku nyadar kenapa hampir semua kendaraan umum berhenti beroperasi. Soalnya emang mengancam keselamatan banget. Kemaren di salah satu video aku liat mobil box sampe miring nyaris terguling karna kencangnya angin. Ada lagi di video lain yang bapak-bapak lagi buka pintu truck sampe pintunya patah kena angin, sama mobil pribadi yang terparkir terbang kebawa angin. Serem banget emaang. Banyak juga yang ngasih liat foto  pohon tumbang, longsor, sama bangunan rusak ketiup angin. Soal kerugian? Waaah nggak keitung sih banyaknyaa. Di tempatku kerja ajaa banyak barang yang kebuang gara-gara kena ujan. Jadi di barangnya tuh muncul bercak putih karna air ujan yang udah kering. kalo tetep dikirim ke pelanggan yaaa ujungnya bakal nggak ditolak lah, terus dateng claim dan akhirnya barang dikirim balik ke kantor. Oiyaa di beberapa kota listrik padam selama beberapa hari. Sampe-sampe orang yang mau belanja di supermarket harus antri Berjam-jam karna pelayanan dilakukan secara manual. polisi juga harus ngatur lalu lintas secara manual karna lampu lalu lintas nggak nyala.














Terkait gempa di Hokkaido, aku cuma mikir kalo kuasa Tuhan tuh tetep di atas segalanya.  sehebat apapun teknologi kuasa Tuhan tetap nggak akan terkalahkan. Jepang kan emang negara yang yaa bisa disebut ''berteman baik'' dengan gempa. Jadi yaa selalu terdeteksi gitu lah sebelum kejadian. Cuma beda dengan kejadian kali ini. Kalo nggak salah baca sih ini sama sekali nggak kedetek. Jadi yaaa nggak ada peringatan apapun gitu dari pemerintah. Oiyaaa pagi pas ada gempa itu, juraganku (aka BOSS) tiba-tiba nanya aku punya temen di Hokkaido apa nggak.Yaa aku jawab nggak. Ternyata ada gempa kenceng di sana. Efek dari gempanya apa? Listrik sampe mati total di sana, longsor yang luas banget areanya, rumah roboh, jalanan dan tanah amblas,dll. Bandara dan stasiun pun berhenti beroperasi. 















Dari kejadian-kejadian ini aku cuma bisa berdoa semoga Tuhan selalu melindungi semesta ini. Sehebat apapun bencana yang terjadi semoga manusia-manusianya tetap penuh cinta kasih dan menyebarkan kebaikan di bumi ini.

0 comments:

Post a Comment

 

Tumpah Ruah Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting