Saturday 15 September 2018

PR anak sekolah di Jepang

Posted by Nana W at 08:07
Sabtu pagi cuaca masih sama kayak kemaren. Ujan dan lumayan dingin. Enak banget emang buat tidur. Tapi nggak tau kenapa udah bangun dari jam setengah 6 dan nggak bisa tidur lagi. Abis sholat subuh aku keasikan baca hashtag CrazyRichSurabayan sambil cekikikan dengan masih pake mukena. Yaaa hidup mereka emang udah mirip kayak negeri dongeng sih kalo dari sudut pandang orang-orang yang terlampau biasa kayak aku ini. Tapi betewe aku nggak mau bahas mereka kok di postingan kali ini. Aku mau bahas PR anak sekolah di Jepang. 
Kenapa kok tiba-tiba bahas PR? Tadinya mau bahas soal pendidikan karakter tapi pas baca materinya itu terlalu berat. Bukan kapasitasku buat bahas begituan. Rumit soalnyaa wkekk 
Jadi, kemaren aku nanya ke Sawa San, Wakamsi (warga kampung sini) yang kerja bareng. Bukan senior sih soalnya masuk ke kaisha (kantor/perusahaan) hampir bebarengan. Tapi yaa dia duluan. Oke skip. Kemaren pagi aku nanya, kira-kira ada waktu nggak yaaa buat aku nanya-nanya soal pelajaran anak. Tadinya sempet bilang ''hari ini nggak bisa. Soalnya ada acara persiapan 運動 (undoukai semacam acara olahraga gitu). Kalo hari senin gimana?'' okee akhirnya janjian buat hari senin. Etaaapiiii karna kan cuaca emang lagi ujan terus yaaa. Akhirnya katanya nggak jadi. Sekitar jam 1 setelah istirahat siang (orang sini nyebutnya ohiru) dia bilang acaranya batal soalnya ujan jadi bisa kok hari ini. Alhamdulillah senengnyaaaaaaa tapi degdegan juga sih. Padahal bukan sama orang asing wkekkk 
Okeee jam 5 kerjaan selesai, aku nungguin Sawa san keluar. Aku bilang mau rekam semuanya, gapapakah gitu? Alhamdulillah dianya nggapapa. Tadinya sih aku rencana mau di Chuushajou (駐車場 parkiran). Cuma kan ujan jadi aku nanya enaknya gimana yaa? Terus dia jawab di shokudo (食堂 kantin) aja gitu. Okee akhirnya sesi tanya-tanyanya di kantin. 
Jadi anaknya Sawa san ini ada 2, laki-laki semua. Umur 11 tahun (SD kelas 6) sama 8 tahun (SD kelas 3). Balik lagi kejudul ''Anak sekolah di Jepang punya PR nggak sih?'' ternyata jawabannya ''TAPPURI'' (FULL akabanyak). Dari yang kartu umum (kayak sejenis flash card buat kanji biasanya), hitungan, kanji (漢字), sama PR mandiri (自習 jisshuu benkyou). PR kanji kirain kaki renshuu (書き練習latihan menulis) kayak jamanku kuliah dulu wkwk tapi ternyata yomi renshu (読み練習 latihan membaca). Nahh yang menarik nih yang PR mandiri. Jadi PR nya tuh bisa berupa pemahaman materi pelajaran, bisa juga dari masyarakat atau lingkungan sekitar. Menarik nggak sih?! Kalo menurutku sih menarik yaaa soalnya di Indo kan nggak ada. Anak-anak di Indo (pas jamanku sekolah dulu) kan kebanyakan belajar yaa kalo ada PR. Itu juga kalo mau. Banyak juga kaan yang bairpun ada PR nggak mau usaha ngerjain. Malah lebih milihdateng ke sekolah agak pagian biar bisa nurun jawaban orang lain di kelas. 

Yaaa semua balik lagi sih ke pribadi masing-masing. Aku sih jujur kagum banget sama warga sini. Hasil pendidikannya tuh betulan JADI gitu lhooo. Nggak cuma sekedar ngedepanin otak biar pinter, tapi mereka juga punya attitude dan hati yang lembut. Next post deh aku bahas sedikit soal pendidikan karakter di sini. 

Contoh kanji flash card 
(credit: google) 

0 comments:

Post a Comment

 

Tumpah Ruah Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting