Saturday 19 March 2016

Waspada kejahatan seksual anak

Posted by Nana W at 18:56
Sore ini aku seloow banget, sampe-sampe bisa ngelonjor di kamar. Ehh tiba-tiba dibikin Shock ama kabar dari rumah. Katanya kompleks lagi heboh kasus sodomi. hastagaaaahhhh langsung lemes nii badan.
Dari dulu, taun 2013an aku slalu ngomong ke ibu, buat ngingetin tetangga yang anak perempuan kecilnya suka diemong ama anak-anak cowok. Namanya jaman skarang kan yaaa?! Bapak sendiri, paman sendiri aja bisa jadi pelaku kejahatan seksual anak. Apalagi ama orang lain yang ga ada hubungan darah kaan?! Wajib banget diwaspadain. Apalagi kalo ada orang yang kelewat baik. Pasti keliatan laaah modusnya.
Tapi yaaa namanya orang kampung nan polos, tiap ibuku ingetin slalu dikira sok tau dan parnoan. Ada juga yang ngomong "nggak mungkin laah kejadian kayak gitu. Kan sayang. Kan baik." Dan banyak kan kan yang lainnya.
Sampe akhirnya, hari ini. Kejadian buruk yang gak diinginkan akhirnya kebongkar. Seorang anak laki-laki yang mana pernah ngeliat sendiri, ngadu ke seorang guru di sekolah. Kalo si A pernah dipegang tit*tnya ama si X. Langsunglaah si guru ngehubungin kenalannya yang tentara, terus langsung diurus ke kepolisian. Brawal dari kesaksian si A, akhirnya banyak yang udah jadi korban ngaku pernah diapa-apain sama si X. Dari yang cuma dicium-cium, grepe-grepe, sampe "dimasukin".
Si korban, ngaku dibawa ke pemandian air panas. Terus dibawa ke hotel. Bahkan salah seorang korban, ada yang pernah sampe 4x. Sejauh ini sih yang ngaku masih belasan. Itu yang di kampungku. Aku yakin pasti masih banyak di luaran yang takut buat ngomong. Karna udah pasti mereka diancam sama si pelaku.
Sebagai orang tua dan keluarga, udah seharusnya kita waspada. Entah itu anak, adik, sepupu ataupun ponakan.  Kudu ngerti dEngan siapa dia/mereka bergaul, kudu sisihin banyak waktu buat ngobrol dengan anak. Kedekatan emosional, buat aku sangat penting. Selain kita jadi lebih peka sama perubahan sikap anak, si anak juga pasti jadi lebih terbuka.
Dari kejadian ini banyak anak-anak yang kemudian jadi pemurung, banyak diemnya, lebuh sering ngelamun sendirian daripada main. Ada yang ngeluh sakit, tapi tiap ditanya jawabnya gapapa.
Semoga kejadian buruk ini tidak menimpa keluarga teman-teman sekalian. Kejadian ini bener-bener bikin aku shock. Karna biar gimanapun, beberapa tahun terakhir aku hidup di lingkungan itu. Kepolosan dan ketidakpedulian orang-orang yang pernah diingatkan memang menjengkelkan. Tapi tetap saja. Kita hidup sebagai makhluk sosial yang memang harus peduli dan mengingatkan; terlebih dengan orang-orang di lingkungan skitar tempat kita tinggal.

4 comments:

Unknown on 21 March 2016 at 10:00 said...

Ya ampun ternyata di kampung juga bisa kejadian gitu yah??itu pelakunya masih muda apa gimana?

Nana W on 21 March 2016 at 12:42 said...

Iyaaaa mbakwiid.. aku juga sampe lemess denger cerita dari ibuu.
Kalo menurutku malah kampung tuh jadi sasaran yang empuk. Soalnya kbanyakan kan orangnya pada polos dan lugu. Gak gampang curigaan kalo dibaikin orang.
Bapak-bapak skitar 45-50an taun mbaak..

Unknown on 12 April 2016 at 09:16 said...

iyaa sih... udah berkeluarga apa gimana??miriiisssss...

Nana W on 28 May 2016 at 10:54 said...

Duda katanya mbaakk.. ngerii ngeriii ngeriiiiiu
*telat banget bales komennyaa wkwk

Post a Comment

 

Tumpah Ruah Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting